Festival Musik Islami merupakan kegiatan tahunan pondok yang diadaptasi dari acara Festival Nasyid dan Marawis. Acara ini dipanitiai oleh santri kelas 4 KMI setiap tanggal 10 Zulhijjah yang bertepatan dengan hari raya Iduladha. Kegiatan ini dikemas dengan perlombaan-perlombaan yang mengasah talenta santri dalam memainkan instrumen-instrumen islami seperti Darbuka, Koprak dan lain-lain.

Lomba-lomba yang tersedia dalam acara ini adalah Nasyid, Hadroh dan Vocal solo, yang semua proses persiapannya dibimbing oleh mentor yang disebut mudarrib dari santri kelas 4 KMI yang kompeten dalam bidangnya. Rentetan acara dimulai pada malam takbir yang diisi dengan penampilan hadroh dari bintang tamu dan perlombaan gema takbir yang meriah dari setiap angkatan.

Kegiatan ini dilanjut esok harinya setelah salat Iduladha selesai dilaksanakan. Para santri diarahkan untuk menonton dan menyemangati teman mereka yang bertanding di atas panggung dengan yel-yel setiap angkatan, karena dengan ini para peserta dapat menjadi lebih semangat dan memberikan penampilan terbaik mereka.

Acara ini bertujuan untuk mengasah kemampuan para santri yang berminat dalam bidang musik islami agar bisa menggunakannya dalam berdakwah ditengah era globalisasi saat ini. Acara ini juga dirancang agar dapat memupuk kebersamaan dan persaudaraan antar santri.

"Betul, kegiatan ini memberikan efek positif bagi santri agar menggunakan musik sebagai media dakwah, disisi lain kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengisi kegiatan santri selama Iduladha agar mereka tidak jenuh dan ingin pulang". Tutur Ustaz Regi Fathuzzaman selaku pembimbing kegiatan ini saat diwawancarai.

Pewarta: Khafiyan A, Ayif M dan Dafha F