Pesantren merupakan sebuah institusi dengan salah satu tugas yang diembannya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) masa depan yang bermutu dan berdaya guna. Dalam prosesnya, pesantren membutuhkan sumber informasi yang mutakhir dan selalu terkini. Pengembangan implementasi teknologi informasi dan komunikasi di pesantren merupakan upaya yang sudah seharusnya dilakukan.

Komunikasi di pesantren harus terbangun atas dua sisi, komunikasi internal yang utamanya adalah komunikasi antara : siswa-siswa, siswa-sumber belajar, siswa-guru, siswa-kiyai/kepala sekolah, guru-guru, guru-sumber belajar, dan guru-kepala sekolah. Sedangkan komunikasi eksternal diantaranya adalah komunikasi antara : siswa-masyarakat, guru-masyarakat, kiayi/kepala sekolah-masyarakat. Orang tua adalah bagian dari masyarakat.

ICT-Information Communication Technology hanyalah sebagai salah satu bagian dari sistem informasi. ICT hanyalah sebagai landasan infrastruktur teknologi yang meliputi hardware, software dan jaringan komunikasi untuk mengambil, mengumpulkan, memproses, dan memberikan output berbentuk content digital. Lebih lanjutnya informasi tersebut didesiminasikan melalui jaringan transmisi data dengan menggunakan berbagai macam jenis peralatan komunikasi (jaringan komputer) baik untuk kebutuhan internal (Intranet) maupun untuk kebutuhan publikasi umum (Internet).

Pesantren Riyadlul Ulum Wadda`wah Condong Tasikmalaya merupakan suatu lembaga pendidikan yang sedang mengembangkan proses pembelajaran berbasis ICT dengan dukungan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, tenaga teknisi ICT, peserta didik serta peran serta Komite Sekolah.

Adapun Personal TIM ICT pesantren condong sebagai berikut: 
  1. Irwan Ridwan, S.Kom., M.Pd.* sebagai Kepala ICT 
  2. Irfan Riswandi, S.Kom.,M.Pd. sebagai Pengelola Website
  3. Ijah Khodijah , S.Kom. sebagai Pengelola Website
  4. Muhammad Furkon, S.Kom. sebagai Teknisi ICT 
  5. Diar Hasani, sebagai Teknisi ICT
  6. Anton Sugianto, ST, sebagai Laboran/Teknisi
Indikator Keberhasilan dalam mengembangan ICT tahun ini, dihaarapkan akan mampu : 
  1. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan ICT untuk menunjang profesionalitas kinerjanya 
  2. Memotivasi guru agar selalu memperbaharui informasi dan pengetahuan untuk menunjang tugasnya 
  3. Memberikan pelayanan terbaik dalam proses pembelajaran di pesantren
  4. Meningkatkan komunikasi dan informasi terkini bagi guru dan siswa 
  5. Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui PSB (Pusat Sumber Belajar) 
  6. Meningkatkan kebermaknaan belajar siswa 
  7. Meningkatkan mutu proses pembelajaran 
  8. Meningkatkan hasil proses pembelajaran siswa 
  9. Memperluas jaringan Hotspot 
  10. Meningkatkan akses internet ke luar area pesantren

Demikianlah sekilas informasi mengenai rencana program mengembangkan ICT pada pesantren condong, Mudah-mudahan berjalan lancar, aman dan tertib sesuai dengan harapan yang ingin kita capai.

Kami tetap berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik.